Blogger templates

Pages

Minggu, 01 Desember 2013

TIPS AGAR BATERAI ANDROID AWET DAN TAHAN LAMA

Tips supaya baterai android tetap awet



Hai para drago... kali ini saya share tentang Tips supaya baterai android tetap awet dan tahan lama mungkin banyak orang yang tidak memperhatikan keadaan baterainya tapi sebenarnya baterai adalah hal yang sangat penting dan harus di perhatikan... tapi kebanyakan android memakai baterai tipe Li-on dan mempunyai perawatan yang beda juga
berikut tips2 nya:


Pemakaian pertama

Saat baru membeli ponsel atau gadget lain, banyak yang mengira bahwa baterai di gadget tersebut haruslah di charge atau di isi ulang selama 6 - 8 jam. Tapi menurut saya, hal itu tidaklah perlu dilakukan. Itu hanya berlaku pada baterai berjenis NiCad / NiMH yang biasa digunakan pada ponsel jaman dulu. Ponsel dan gadget jaman sekarang ini hampir dipastikan sudah tidak ada lagi yang menggunakan baterai tersebut. Dan dari pengalaman saya pun, tidaklah penting untuk mengecas baterai terlalu lama saat penggunaan pertama baterai berjenis Li-Ion, bahkan justru saya sarankan untuk menghindarinya. Mengapa? Karena itu akan menyebabkan overcharging yang justru akan memperpendek umur baterai. Jadi untuk pemakaian pertama cukup isi baterai hingga indikator menunjukkan baterai telah penuh.

Perawatan selanjutnya

Yang paling penting dari baterai jenis ini (dan jenis lain) adalah cara / kebiasaan dari pemakaian dalam jangka panjangnya. Perlu diketahui bahwa baterai Li-Ion memiliki umur atau masa pakai berdasarkan seberapa sering ia di isi ulang / di cas (biasanya 1000x) jadi saran saya adalah jangan terlalu sering mengisi ulang baterai jenis ini! Anda harus pandai - pandai untuk menghemat baterai agar anda dapat menjadwal kapan seharusnya baterai di isi ulang. Sekali anda mencharge atau mengisi ulangnya, jangan sekalipun anda mencabut / dischage baterai ini sebelum penuh. Karena meskipun anda sudah mencharge hingga setengah penuh, lalu anda cabut dan mencharge nya lagi hingga penuh, itu akan dihitung 2x charging, sehingga akan memperpendek umurnya.

Isilah baterai saat benar - benar low baterry, tapi bukan berarti membiarkannya hingga mati, dan discharge (lepas konektor charger) saat baterai sedah benar - benar penuh. Hal ini untuk memaksimalkan penggunaannya, karena jika anda mencharge baterai ini dimana baterai ini masih memiliki daya yang cukup untuk "menghidupkan" gadget, itu sama artinya anda membuang "umur" dari baterai ini.

Jangan membiarkannya di isi ulang semalaman. Mengisinya selama berlebihan tidak akan menambah waktu stand by dari baterai ini, bahkan ini dapat menyebabkan baterai overcharging yang akan memperpendek umur pemakaiannya.


Dan untuk menghemat baterai berikut tips tips nya:

Jaga suhu gadget tetap dingin

Bila suhu gadget anda mulai panas, ada indikasi bahwa daya baterai anda melemah dan cepat rusak. Sebaiknya hindari pemakaian berlebihan dan jangan biarkan terpapar sinar matahari langsung.
Bila berada di luar ruangan, bisa anda masukkan saku atau tas dan jangan terlalu sering dikeluarkan.

Turunkan brigthness layar

Karena layar adalah komponen utama pada gadget anda, maka  disinilah daya baterai paling banyak digunakan. Karenanya penting untuk sedikit menurunkan tingkat kecerahannya agar memperawet baterai anda.

Mempersingkat periode screen timeout

Selain faktor brigthness, pengaturan screen timeout juga perlu anda perhatikan karena setting ini yang mengatur seberapa lama layar akan menyala jika tidak terjadi kontak.
Cobalah untuk mengurangi jeda waktu screen timeout, sehingga layar akan otomatis mati begitu tidak terpakai.

Aktifkan POWER SAVING MODE

Sebagian Android juga dilengkapi dengan fitur power saving mode yang dapat anda otak –atik di menu settingan gadget anda. Jika power saving mode diaktifkan, Android akan secara otomatis mematikan koneksi Wi-fi, GPS, dan bluetooth atau menurunkan kecerahan layar.
Power saving mode memiliki pengaruh yang signifikan untuk performa gadget anda. Jadi disarankan untuk mengaktifkan bila dirasa baterai anda mulai melemah.

Perhatikan penggunaan flash kamera dan wallpaper

Pemilihan gambar animasi pada wallpaper ternyata juga mempengaruhi kinerja baterai, memang sih terkesan lebih lucu dan keren dibanding dengan wallpaper statis. Namun itu memercepat kinerja daya baterai anda.
Juga penggunaan flash kamera yang sangat berpengaruh besar pada daya baterai, jadi disarankan untuk mengurangi pemakaiannya untuk memperpanjang umur baterai anda

itulah tips tips dari Dragoidz semoga bermanfaat dan jangan lupa koment nya! 

2 komentar:

page rank cheker

Check Page Rank of your Web site pages instantly:

This page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service